Tutorial : Cara Setting DMZ Pada Modem ZTE Untuk PS4, PC, Xbox, PS3 | IndyGamingID

Iklan 728x90

Tutorial : Cara Setting DMZ Pada Modem ZTE Untuk PS4, PC, Xbox, PS3 | IndyGamingID

Mungkin banyak teman-teman yang mengalami masalah koneksi pada saat bermain game seperti tidak bisa masuk session, sering diskonek/disconnect, dan masalah jaringan lainnya ketika sedang bermain game dengan koneksi online. Salah satu solusi yang saya temui adalah dengan mengaktifkan DMZ (DEMILITARIZED ZONE). Perlu diketahui pengertian dari DMZ terlebih dahulu sebelum mengaktifkannya, karena ini dapat membahayakan keamanan jaringan internet yang anda gunakan.
Jika kalian tetap ingin menggunakan DMZ, berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Ketahui IP (Internet Protocol) Address yang anda gunakan. Pada PS4 saya, IP  Address yang digunakan adalah 192.168.1.51 seperti pada gambar di bawah ini.

2. Setelah anda mengetahui IP Address perangkat anda, masuk ke menu admin router atau modem yang digunakan. Disini saya menggunakan Modem ZTE F660. Untuk dapat mengakses menu admin-nya cukup masukkan 192.168.1.1 ke browser yang digunakan. Perlu diketahui, untuk masuk menu admin ini terdapat 2 akun yang bisa digunakan; akun user dan akun admin. Anda membutuhkan akun admin untuk mengaktifkan fitur DMZ, karena fitur ini terkunci bagi pengguna akun user. Akun admin yang digunakan pada umumnya adalah user: admin, password:admin.

3. Pilih menu Security, selanjutnya pilih tab DMZ Host pada menu bagian kiri yang tampil. Lalu centang enable, Pilih WAN Connection-nya adalah omci1_ppoe, Enable MAC Mapping tidak perlu dicentang, Lalu pada DMZ Host IP Address, masukkan IP address yang ingin anda aktifkan. Jika sudah, klik submit.

4. Fitur DMZ pun sudah aktif. Tapi perlu diingatkan, apabila anda menggunakan IP Address dinamis pada perangkat anda, maka anda harus memasukkan IP address baru pada DMZ Host IP Address-nya dikarenakan IP Address yang diberikan oleh IP Dinamis selalu berubah-ubah. Disarankan untuk menggunakan IP Address statis atau menggunakan 1 SSID khusus yang digunakan perangkat anda saja apabila memakai jaringan WiFi. Juga, apabila modem anda mati entah karena disengaja atau mati listrik, maka DMZ ini otomatis akan dinonaktifkan atau tereset, sehingga anda perlu mengaktifkannya lagi dari awal.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post