Apa Itu Niche Blog atau Niche Website? Pengertian, Manfaat, Tantangan Memulai Niche Blog atau Niche Website

Iklan 728x90

Apa Itu Niche Blog atau Niche Website? Pengertian, Manfaat, Tantangan Memulai Niche Blog atau Niche Website

Jika anda sudah membulatkan tekad anda untuk memulai dan membuat sebuah blog atau website, ada beberapa hal yang mesti anda lakukan. Anda mungkin berpikir akan mulai membuat sebuah blog umum dan minat yang luas. Tetapi, jika anda adalah penulis atau blogger pemula, mungkin adalah pilihan yang bagus jika anda memulainya dengan formula yang sudah teruji coba dan terpercaya.

Salah satu pilihan yang menguntungkan adalah dengan memilih niche blog atau niche website. Apa itu niche blog atau niche website dan bagimana mengimplementasikan niche blog atau niche website? Di post ini, kami akan menjelaskan apa itu sebenarnya niche blog atau niche website, serta penting manfaatnya niche blog atau niche website.


Apa itu Niche Blog atau Niche Website?
Pengertian dari niche blog atau niche website yaitu melibatkan pembuatan sebuah blog atau wbsite yang tujuannya melayani pasar niche (niche market) tertentu saja. Dalam artian lain, blog atau website tersebut hanya fokus terhadap tema tertentu saja, dan hanya tema tersebut yang dibahas di blog atau website tersebut.


Apa Pentingnya Niche Blog atau Niche Website?
Terdapat beberapa faktor penting jika kalian menerapkan niche blog atau niche website. Apalagi bagi kalian yang merupakan penulis atau publisher pemula di dunia blog. Saya sendiri sudah mengetahui beberapa penulis blog yang meraup keuntungan yang sangat besar, dimana mereka menerapkan niche blog atau niche website di blog mereka. Berikut saya paparkan kenapa niche blog atau niche website itu sangat penting.

1) Audiens yang Tertarget
Dengan niche blog atau niche website, Anda dapat menargetkan audiens (pembaca blog atau website) tertentu yang akan datang ke situs anda secara berkala. Dengan begitu, niche blog atau niche website dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan daripada sebuah blog atau website yang tidak memiliki konten terfokus (nicheless).

2) Waktu Operasi yang Minimum
Dengan menerapkan niche blog atau niche website, kalian bisa fokus terhadap satu tema saja untuk blog atau website anda. Dengan begitu, anda memiliki waktu yang lebih untuk menuangkan pikiran anda dalam membuat konten yang hanya fokus di satu tema saja, daripada terhadap blog atau website yang membahas hal-hal beragam dan umum.

3) Sangat Menguntungkan
Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, sudah banyak para penulis yang meraup keuntungan dengan menerapkan niche blog atau niche website di blog mereka. Hal ini didukung dengan banyaknya audiens yang datang ke blog mereka karena hanya menerapkan satu niche saja.


Apa Manfaat Niche Blog atau Niche Website?
Banyak hal yang dapat diperoleh jika kalian menerapkan niche blog atau niche website. Berikut akan saya jelaskan apa saja manfaat yang kalian peroleh jika menerapkan niche blog atau niche website.

1) Membawa Lebih Banyak Audiens
Niche blog atau niche website adalah pilihan yang terbaik jika anda baru saja memulai karir di dunia blogging. Hal tersebut dapat menolong anda untuk menarget audiens yang hanya tertarik ke satu tema tersebut.

2) Menarik Pengiklan yang Berkualias
Dengan menerapkan niche blog atau niche website, tentu kalian hanya menerapkan satu tema yang dibahas di blog tersebut. Hal tersebut dapat menarik pengiklan yang bergerak di bidang yang anda bahas. Contohnya, jika blog atau website anda hanya membahas hal-hal yang berkaitan di bidang otomotif, maka perusahaan yang bergerak di bidang otomotif akan tertarik untuk memasang iklan di blog atau website anda.

3) Menghasilkan Performa SEO yang Lebih Baik
Ketika anda hanya bekerja di satu niche saja, hal tersebut dapat memberikan kesempatan kepada search engine(mesin pencarian) seperti Google untuk mempertimbangkan blog atau website anda. Hal ini bisa meningkatkan ranking blog atau website anda di search engine tersebut. Search engine biasanya fokus terhadap pengalaman penggunanya, dan ketika blog atau website anda bisa memberikan mereka informasi yang mereka cari - blog atau website anda akan memiliki kesempatan besar untuk tampil di halaman pertama di search engine tersebut.



Apa Tantangan Memulai Niche Blog atau Niche Website?
Terdapat beberapa tantangan yang mesti kalian hadapi jika menerapkan niche blog atau niche website.
1) Kelelahan Terhadap Konten yang Kalian Buat
Niche blog atau niche website adalah tentang membahas satu topik, tipe, atau produk. Dalam banyak kasus, konten-konten yang dibuat di beberapa situs hampir memiliki kesamaan. Penulis selalu menuangkan kreativitas dan hati mereka dalam menulis konten dengan satu tema tentu akan membuat mereka kelelahan.

Berbeda jika kalian menulis konten dengan tema yang berbeda-beda. Kalian dapat dengan leluasa menulis sesuai dengan niche yang kalian inginkan jika kalian bosan dengan niche sebelumnya. Dengan hanya menerapkan niche blog atau niche website, kalian kedepannya bisa kehabisan konten untuk kalian buat.

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah, jangan membuat konten berkala dengan waktu mepet atau dekat. Misal, kalian menargetkan untuk membuat konten per hari atau parahnya per 6 jam. Sebelum kalian merilis konten kalian, pikir masak-masak hingga konten itu menjadi konten yang sangat berkualitas sehingga disenangi oleh pembaca anda. Dengan konten yang berkualitas, tentu audiens atau pembaca dapat memaklumi terhadap postingan anda yang dirilis tidak berkala dengan cepat.

2) Banyak Pesaing Anda Di Luar Sana
Jangan pikir jika anda menerapkan niche blog atau niche website, blog atau website anda dapat terus menjadi nomor satu di bidang tersebut, karena banyak pesaing anda diluar sana yang juga menerapkan niche blog atau niche website. Tetaplah membuat konten yang berkualitas di niche yang anda geluti, sehingga audiens atau pembaca dapat mengetahui bahwa blog atau website anda lah yang terbaik di niche tersebut.

3) Bosan
Niche blogging juga punya satu masalah terbesar yang harus kalian hadapi, yaitu rasa bosan. Bekerja di hanya satu bidang secara terus-menerus, pasti dapat membuat anda merasa bosan kedepannya. Hal ini juga berlaku di niche blog atau niche website.

Memang diperlukan ketekunan dalam menggeluti niche blog atau niche website. Untuk mengatasi ini, terkadang saya sendiri "berlibur" dari kegiatan blogging, dengan melakukan aktivitas lain yang menurut saya menarik. Entah itu menonton serial tv atau film favorit saya, bermain game, berinteraksi dengan teman, atau berolahraga jogging keluar rumah. Begitu rasa bosan sudah menghilang, mulailah lagi bekerja di niche blog atau niche website yang anda tekuni.

Baiklah, sekian dari penjelasan saya tentang niche blog atau niche website. Jika kalian memiliki pendapat tentang yang ingin kalian sampaikan atau ada hal yang ingin kalian tanyakan tentang niche blog atau niche website, dengan senang hati saya akan menerimanya dan membantu sebisa saya.


tags : blog niche list, niche blog examples, travel blog niches, education niche blogs, blog niche generator, best blog niches 2019, how to create niche blog, mom blog niche, blog niche list, apa itu seo, apa itu niche market, contoh niche blog, niche dalam bisnis adalah, arti niche biologi, niche youtube adalah, niche parfum adalah, ceruk adalah, apa itu niche dalam biologi, niche blog adalah
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post