Google Akan Mencabut Lisensi Android Dari Smartphone Huawei

Iklan 728x90

Google Akan Mencabut Lisensi Android Dari Smartphone Huawei

indygamingid.com - Google dikabarkan akan menghentikan dukungan kepada Huawei, salah satu merk Smartphone terbesar buatan negara Cina tersebut. Hal itu dilakukan Google terkait dengan laporan Pemerintah Amerika Serikat yang mengklaim jika Smartphone Huawei selama ini memasang perangkat yang dapat memata-matai data penggunanya dan menyerahkan data tersebut ke Pemerintah Cina.
Dengan dicabutnya lisensi Google dari Huawei, maka Smartphone Huawei kedepannya tidak akan mendapatkan dukungan perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) dari Google lagi seperti Google Play Store, browser Chrome, Gmail, Maps, dan produk Google lainnya. Walaupun begitu, Huawei masih dapat menggunakan OS Android untuk produknya, karena Android merupakan sistem operasi terbuka (Open Source OS) yang berbasis komunitas.
Huawei tentunya tidak akan berdiam diri saja dan masih memilki rencana lain untuk mengatasi permasalahan ini. Salah satu petinggi Huawei bernama Eric Xu mengatakan, siapa pun tentunya berhak mendapatkan dan mengembangkan Android karena Android adalah sistem operasi terbuka (Open Source OS) yang berbasis komunitas.


Hal ini tentu akan sangat berdampak kepada penjualan Ponsel Pintar Huawei. Dengan begini, para costumer atau pembeli akan semakin was-was dalam membeli dan menggunakan produk huawei kedepannya terkait pencabutan lisensi yang dilakukan oleh Google, setelah beredarnya tuduhan dari Pemerintah AS terhadap Huawei yang memata-matai data penggunanya. Padahal, Huawei adalah Smartphone yang memiliki volume penjualan tertinggi kedua di seluruh dunia setelah Samsung, yang bahkan telah mengalahkan penjualan Apple. 

Hal ini bahkan dikaitkan dengan perang dagang antara negara Amerika Serikat dan negara Cina. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menandatangani surat perintah untuk perusahaan-perusahaan Amerika Serikat (AS) yang bergerak di bidang telekomunikasi untuk membatasi dan melarang penggunaan komponen atau perangkat-perangkat yang asalnya dari negara Cina. Apalagi setelah terdengarnya rumor jika Huawei saat ini sedang mengembangkan teknologi 5G. Maka tindakan Donald Trump yang memasukkan Huawei ke daftar perusahaan yang dapat mengganggu keamanan negara Amerika Serikat ini semakin memperkeruh terhadap memicunya perang dagang antara Amerika Serikat dan Cina.

---UPDATE----
Tim Android dari Google mengkonfirmasi melalui akun resmi Twitternya, walau mereka saat ini sedang mengambil langkah-langkah berikutnya dalam mematuhi peraturan terbaru dari Pemerintah Amerika Serikat (AS), tim Android menjamin jika produk-produk Huawei saat ini tetap akan mendapatkan dukungan update dari Google Play dan Google Play Protect. Software pendukung Android tersebut tetap akan berjalan dan berfungsi dengan baik di Huawei yang sudah ada saat ini.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post