Review/Ulasan TP-Link TL-WN8200ND

Iklan 728x90

Review/Ulasan TP-Link TL-WN8200ND

Jadi pada awalnya saya berniat untuk mencari Wifi Adapter untuk komputer yang baru saya rakit. Pada awalnya saya hanya menggunakan USB Tethering via Wifi rumah menggunakan Smartphone saya MiA1 untuk memberikan koneksi internet pada komputer baru saya. Karena saya berasumsi tidak mungkin menggunakan smartphone saya terus menerus untuk koneksi internet komputer saya, maka mulailah saya mencari-cari Wifi adapter di marketplace online, karena di tempat saya sangat mahal. Setelah mempertimbangkan dengan masak, akhirnya salah memilih USB Wifi Adapter TP-Link TL-WN8200ND untuk Wifi adapter eksternal komputer saya. Berikut adalah penampakannya setelah saya unboxing.
TL-WN8200ND adalah high power USB Wifi adapter yang memiliki kecepatan hingga 300MBPS, selain itu, dilengkapi dengan kabel USB sepanjang 1,5 meter. Memiliki 2 antena eksternal berkekuatan 5DBi yang bisa kalian lepas pasang dan diputar hingga 360 derajat. Jadi, Wifi adapter ini bisa kalian letakkan di posisi mana saja yang menurut kalian pas. Mereka juga mengklaim bahwa TP-Link TL-WN8200ND bisa mempetenetrasi atau menembus hingga beberapa tembok atau lantai . Selain itu, rerdapat sebuah tombol WPS di wifi adapter ini. Di website TP-Link sendiri  menjelaskan bahwa tombol WPS berguna untuk enkripsi keamanan nirkabel yang mudah. TL-WN8200ND dirincikan mendukung Windows XP, Vista, atau 7. Tapi jangan khawatir, nyatanya saya bisa menggunakannya di Windows 10. Kalian bisa menginstal driver wifi adapter TL-WN8200ND menggunakan CD yang ada di box, atau mengunduhnya di website TP-Link. Driver TP-Link TL-WN8200ND bisa kalian unduh disini. Berikut review atau ulasan dari saya mengenai TP-Link TL-WN8200ND


Review atau Ulasan TP-Link TL-WN8200ND

Pemasangan TP-Link TL-WN8200ND tidak terlalu rumit. Tinggal saya putar kedua antenanya dan mencolokkan kabel USB dari komputer ke wifi adapternya. Saya juga tidak menginstal atau mengunduh driver dari TP-Link. Komputer saya langsung bisa mendeteksi dan menggunakan TP-Link TL-WN8200ND begitu saya pasang. Jarak Router Wifi dan komputer saya berkisar kira-kira 4 atau 5 meter dan terhalang oleh 1 tembok (posisi router Wifi di ruang tengah dan posisi komputer di kamar saya). Namun koneksi yang saya cukup cepat dan penuh.

Saya juga membandingkan kestabilan jaringan internet yang diterima antara TP-Link TL-WN8200ND dan smartphone MIA1 saya ketika digunakan sebagai USB Tethering. Karena saya hobi bermain game, termasuk game-game online, kestabilan jaringan intenet adalah salah satu faktor yang saya paling utamakan. Saya menguji kestabilan jaringan internet dengan melakukan ping terhadap DNS Google secara berulang di command prompt.
Berikut adalah hasil ping dari USB Tethering MiA1.

Berikut adalah hasil ping dari Wifi Adapter TP-Link TL-WN8200ND.

Bisa dilihat, kestabilan kedua hasil tersebut tidak terlalu begitu berbeda. Walaupun menggunakan kabel USB sepanjang 1,5 meter, TP-Link TL-WN8200ND masih mampu menjaga kestabilan jaringan internet yang diterima.

Selanjutnya saya mengetes kecepatan download dan upload dari TP-Link TL-WN8200ND. Saya menggunakan Indihome berkecepatan 10 Mbps untuk rumah saya, dan mengetes menggunakan Speedtest.
Berikut adalah hasil uji TP-Link TL-WN8200ND dari Speedtest.
Bisa dilihat dari hasil uji Speedtest diatas, TP-Link TL-WN8200ND mampu untuk menangkap seluruh potensi dari router Wifi saya.

Mungkin hanya satu saja kekurangan yang dimiliki TP-Link TL-WN8200ND, yaitu sinar hijau dari lampu indikator yang terang dan berkedip membuat saya silau kadang-kadang. Karena merasa terganggu, saya plester hitam saja lampu indikator hijau tersebut.

Sekian Review atau ulasan saya terhadap Wifi adapter eksternal TP-Link TL-WN8200ND. Jika ada yang ingin kalian tanyakan atau ingin berbagi pendapat seputar produk TP-Link TL-WN8200ND, bisa kalian lakukan di komentar bawah artikel ini ya.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post